Training for Air Macau

by 582899


Posted on Wed, 03 July 2019



GMF Learning Service (TW) memberikan Practical Training A320 Neo Power By PW1100 kepada 36 engineer Maskapai Air Macau di China. Training ini dipandu oleh Yudistia Panca Candra selaku instruktur GMF. Pelaksanaan training ini merupakan permintaan Airbus Training Center Toulouse kepada GMF selaku Airbus Training Center Jakarta.

Menurut Yudistia, Air Macau telah membeli sejumlah pesawat A320 Neo. Untuk itu, Airbus memberikan training terkait operasional dan maintenance pesawat tersebut. “Practical training yang diberikan berupa P1 yakni visual aircraft di sistem Airbus Competence Center dan P2 yakni praktek langsung di pesawat A320 Air Macau,” katanya.

Yudistia mengatakan, training yang dilaksanakan pada  17 – 28 Juni 2019 ini diikuti 36 peserta yang dibagi  4 grup. Practical ini fokus pada materi mengenai engine berserta berbagai fitur. Secara aircraft system, pesawat A320 Neo ini tidak memiliki perbedaan signifikan. Tapi, perbedaan yang paling terlihat adalah penggunaan engine. Ada yang menggunakan engine LEAP 1A serta ada engine PW1100. 

Yudistia mengatakan meski dirinya dihadapi oleh kendala bahasa, namun dirinya merasa senang bisa bertukar ilmu pengetahuannya kepada para engineer muda di Macau. “Meski sedikit terkendala bahasa karena beberapa peserta kurang menguasai baha Inggris, namun pelaksanaan training berjalan lancar,” katanya. 

Selain mendatangan revenue, training ini menjadi media untuk memperkenalkan GMF secara luas. “Secara langsung Air Macau telah meminta GMF untuk memberikan  training A320 pada November 2019,” katanya.